13 Ayat Alquran Tentang Orang Munafik

Under: Islami

bismillah.jpg

salam.jpg


Selamat malam sobat-sobat MyWapBlog yang di Rahmati Allah SubhanahuWata'ala. Lama juga neh :newbie gak posting jadinya kangen lagi neh sama sobat MyWapBlog semua..biggrin biggrin..!
Setelah posting Sebelumya tentang how mywapblog are you kategory kontes seo yang di selenggarakan oleh gan master Tri3nidad Budiman dan newbie juga ikutan hanya sekedar meramaikan MyWapBlog azz... biggrin smile..!

Sobat-sobat MyWapBlog yang di Rahmati Allah, Mari saatnya fokus ke posting dan mohon maaf sebelumnya saya bukan maksud menggurui sobat-sobat MyWapBlog
semua. Ini hanya sekedar sharing ringan buat pengingat dan pelajaran khususnya buat diri sendiri yang mudah-mudahan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat khusus buat diri pribadi dan sobat MyWapBlog semua amin..!

Allah SubhanahuWata'ala membagi manusia dalam 3 golongan yaitu golongan Mukmin, Kafir, dan Munafik.
Allah Ta'ala menyebutkan perihal Mukmin dalam empat ayat dan orang-orang kafir dalam dua ayat, Sedangkan perihal orang-orang munafik Allah Ta'ala menyebutkannya dalam 13 Ayat Al-qur'an Tentang Orang Munafik karena jumlah mereka yang banyak dan besarnya fitnah yg mereka lancarkan kepada Islam dan pemeluknya.
Sesungguhnya cobaan yg mereka timpakan kepada Islam amat berat karena mereka mengaku sebagai Muslim, mengaku sebagai pembela dan pecinta Islam padahal mereka adalah musuh Islam yang sesungguhnya.

Betapa banyak ikatan Islam yang telah mereka hancurkan.!
Betapa bnyk benteng Islam yg telah dibongkar dan dirobohkan pondasinya.!
Betapa banyak syariat Islam yang telah mereka hilangkan.!
Betapa banyak bendera Islam yang telah tinggi berkibar dan mereka turunkan.!
Betapa sering mereka 'cangkul' syubhat lalu mereka pukulkan pada akar pohon Islam untuk mencongkel dan merobohkannya.!
Dan betapa sering mereka gelapkan mata Islam dengan pemikiran mereka untuk mengaburkannya.!
Islam dan pemeluknya selalu mendapatkan ujian dan cobaan dari mereka.
Tak henti-hentinya mereka melemparkan berbagai kerancuan di tengah-tengah Islam dari masa ke masa, dari generasi ke generasi dalam keadaan menyangka bhw diri mereka adalah orang-orang yang mengadakan perbaikan.
Mereka melarang dari kebajikan setelah mereka meninggalkannya.
Mereka bakhil tidak mau menginfakkan harta di jalan Allah Ta'ala. Betapa sering Allah Ta'ala memperingatkan mereka tentang nikmat-nikmat-Nya, namun mereka berpaling dan melupakannya?! Berapa kali Allah Ta'ala beberkan keadaan mereka kepada hamba-hamba-Nya yang beriman untuk mereka jauhi.
Dengarkanlah wahai kaum Mukminin.!!
"Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang mungkar dan melarang berbuat yang ma'ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka lupa kepada Allah maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang- orang munafik itulah orang-orang yang fasik." (At Taubah : 67)
Bila engkau mengajak mereka kepada wahyu, engkau akan dapati mereka justru lari dari ajakan itu.
Bila engkau seru mereka kepada ketentuan Kitabullah dan sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam engkau akan lihat mereka berpaling dari seruan itu.
Dan bila engkau meneliti hakikat mereka yang sesungguhnya, engkau akan tahu bahwa mereka terlalu jauh dari petunjuk dan engkau akan melihat mereka betul-betul telah berpaling dari wahyu,
Telinga hati mereka telah ditimpa ketulian sehingga tidak dapat mendengar panggilan iman.
Mata hati mereka telah tertutup kebutaan sehingga tidak dapat melihat kebenaran Al Qur'an.
Lisan mereka bisu tidak dapat lagi mengucapkan kata-kata yang benar.
Mereka diguyur oleh hujan wahyu yang disitu terdapat kehidupan hati dan rohani. Namun mereka tidak mendengarkannya melainkan seperti petir ancaman, gertakan, dan setumpuk tugas yang harus mereka kerjakan pagi dan petang. Mereka pun menyumbat telinganya dengan anak jarinya dan menutup bajunya ke mukanya.
Mereka mempunyai ciri-ciri khusus yang dijelaskan dalam Al Qur'an dan As Sunnah sangat jelas bagi orang yang memiliki mata hati iman.
Mereka -demi Allah- telah dikuasai riya'. Padahal riya' adalah kedudukan yang paling jelek.
Kemalasan telah membuat mereka enggan menunaikan perintah Allah Tabaroka wata'ala hingga mereka pun sangat sulit berbuat ikhlas.
Ucapan mereka sangat mengagumkan para pendengar karena begitu manis dan lembut.
Mereka bersaksi atas nama Allah tentang kedustaan yang ada pada hati mereka.
Engkau lihat mereka 'tidur' dari kebenaran dan maju membela kebathilan.
Perintah mereka kepada para pengikutnya adalah kerusakan bagi negara dan rakyat.
Larangan mereka sesungguhnya adalah kebaikan di dunia dan akhirat.
Allah Ta'ala membenci ketaatan mereka karena kekejian hati dan kebejatan niat mereka.
Maka Allah Azza wajalla menjadikan mereka malas mengamalkan ketaatan.
Allah Azza wajalla membenci bertetangga dengan mereka karena kecondongan mereka kepada musuh-musuh-Nya.
Maka Allah Azza wajalla pun mengusir dan menjauhkan mereka.
Mereka berpaling dari wahyu-Nya maka Diapun berpaling dari mereka, menyengsarakan dan tidak membahagiakan mereka.
Allah Azzawajalla menghukumi mereka dengan adil yang tidak mungkin mereka beruntung kecuali dengan bertaubat.
Hati mereka lalai dari kebajikan, jasad mereka amat cepat memburu kelalaian, jalan hidup mereka penuh dengan kekejian yang tersebar.
Bila mereka mendengarkan al haq hati mereka penuh kekerasan dan bila mereka menghadiri kebathilan dan menyaksikan kedustaan mata hati mereka terbuka dan dengan seksama telinga-telinga mereka mendengarkannya.
Inilah -demi Allah- tanda-tanda kemunafikan. Maka hati-hatilah, wahai setiap insan daripadanya sebelum datang kematian.!
Biarkanlah mereka dengan kehinaan, kerendahan, dan kerugian yang mereka pilih untuk diri mereka!
Janganlah engkau mempercayai janji mereka karena mereka adalah pendusta.
Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul." Niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu." (An Nisa' : 61)
Bagaimana mungkin mereka beruntung dan mendapatkan petunjuk setelah penyimpangan yang menimpa pemikiran dan agama mereka!
Bagaimana mungkin mereka bisa terlepas dari kungkungan kesesatan dan kebinasaan sedangkan mereka membeli kekufuran dengan keimanan mereka.!
Alangkah ruginya perniagaan mereka. Mereka telah mengganti Surga dengan adzab neraka yang membakar.
Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa suatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri kemudian mereka datang kepadamu sambil bersumpah : "Demi Allah, kami sekali-kali tidak menghendaki selain penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna." (An Nisa': 63)
Celakalah mereka! Alangkah jauhnya mereka dari hakikat keimanan.!
Alangkah terangnya dusta mereka bahwa mereka memiliki ilmu pengetahuan.! Mereka dalam satu sisi sedang para pengikut Rasul di sisi yang lain.
Allah Ta'ala benar-benar telah bersumpah dengan menyebut diri-Nya yang suci dalam Al Qur'an bahwa mereka tidak beriman, sumpah yang dipahami kandungannya oleh hamba-hamba-Nya yang punya mata hati sehingga hati mereka bergetar dan takut karena keagungan-Nya.
Allah Ta'ala berfirman menjelaskan keadaan munafiqin sebagai peringatan untuk kaum Mukminin :"Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yg mereka perselisihkan. Kemudian mereka tidak merasa keberatan dlm hati mereka terhadap putusan yg kamu berikan dan mereka menerima dgn sepenuhnya…"(An Nisa': 65)
Mereka terbiasa bersumpah sebelum berbicara walaupun tidak diminta karena mereka tahu bahwa kaum Mukminin tidak tenang dan tidak percaya dengan ucapan mereka.
Demikianlah cara ahlur raibah (orang-orang yang ragu) berdusta.
Mereka bersumpah supaya para pendengar menganggap mereka jujur dalam berbicara, sungguh, Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai lalu mereka menghalang (manusia) dari (jalan) Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka lakukan.(Al Munafiqun : 2)
Celakalah mereka! Mereka keluar menuju padang sahara dengan kendaraan iman namun tatkala mereka melihat jauhnya perjalanan dan banyaknya rintangan mereka pun akhirnya mundur dan pulang kembali.
Mereka mengira bisa menikmati kemewahan hidup dan kelezatan tidur di rumah-rumah mereka. Padahal mereka tidak mendapat manfaat dari apa yang dinikmati.
Mereka mengetahui kebenaran yang mereka ingkari, mereka telah buta (mata hatinya) setelah mereka menatap dan melihat al haq dengan jelas.
Mereka adalah orang yang paling bagus jasadnya, paling bagus tutur katanya, paling lembut bahasanya tetapi paling keji hatinya dan paling lemah kepribadiannya.
Mereka seperti kayu yang tersandar tak berubah, kayu yang telah tercabut dari akarnya sehingga dia bersandar ke sebuah tembok agar tidak terinjak orang yang lalu lalang.
Bila berbicara mereka berdusta. Bila berjanji mereka mengingkari. Bila dipercaya mereka khianat dan bila berdebat mereka curang.
Alangkah bangganya mereka dengan jumlah mereka (padahal mereka) adalah kelompok minoritas!
Alangkah sombong dan angkuhnya mereka padahal mereka adalah orang-orang yang rendah!
Mereka berlagak punya ilmu padahal mereka adalah orang- orang bodoh tentang keagungan Allah.
"Jika kamu memperoleh kebaikan niscaya mereka bersedih hati tetapi jika kamu mendapat bencana mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudlaratan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan."(Ali Imran : 120)
Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci.(Ash Shaff : 8)
"Mereka sepakat untuk menyelisihi wahyu dan tidak mengambil petunjuk darinya. Oleh karena itulah Sesungguhnya kaumku menjadikan Al-Quran ini sesuatu yang tidak diacuhkan." (Al Furqan : 30)
Ajaran-ajaran keimanan telah pupus dalam hati mereka sehingga mereka tidak dapat mengenalinya.
Pendidikan Islam telah hilang dari mereka sehingga mereka tidak dapat menyemarakkannya.
Bintang Islam yang bersinar telah padam dalam hati mereka sehingga mereka tidak dapat menghidupkannya.
Mentari Islam yang terang telah menyilaukan kegelapan pemikiran mereka sehingga mereka pun tidak dapat memandangnya.
Mereka tidak mau menerima petunjuk yang telah Allah Tabaroka wata'ala ajarkan kepada para Rasul-Nya Shallallahu'alaihi wasallam mereka menganggap tidak mengapa berpaling dari petunjuk Allah Tabaroka wata'ala dan berpegang dengan pikiran picik mereka.
Mereka mengenakan pakaian Ahli Iman, namun hati mereka adalah hati orang yang menyimpang, merugi, penuh kebencian, dan kekufuran.
Dhahirnya membantu atau membela (Islam) namun bathinnya menyimpan kekufuran.
Lisan mereka lisan Muslimin namun hati mereka hati muharibin (orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya).
Modal mereka adalah menipu dan membikin makar yang jahat, dagangan mereka adalah kedustaan dan pengkhianatan.
Mereka punya prinsip: Diridlai oleh berbagai pihak dan aman di manapun mereka berada.
Prinsip ini sering dipakai orang-orang awam dan para politikus dan harakiyyin hingga mereka membuang nahi mungkar dan kaidah tahdzir (mengingatkan orang dari bahaya ahli (bidah)
Berbagai penyakit syubhat dan syahwat telah menguasai mereka hingga membinasakannya dan niat jahat telah mengalahkan kehendak mereka hingga merusakkannya.
Kebejatan mereka telah mengantarkan mereka kepadakebinasaan sehingga para dokter hati pun tidak mampu lagi mengobatinya.
Siapa saja yang terpikat dengan keragu- raguan mereka, maka keimanannya akan terkoyak-koyak.
Siapa saja yang termakan oleh kejahatan makar mereka, maka dia akan terlempar ke dalam adzab yang membakar.
Dan siapa saja yang tercengkeram oleh syubhat mereka, maka dia akan terhalang untuk membenarkan (agama ini).
Mereka telah banyak berbuat kerusakan di muka bumi namun kebanyakan orang melalaikan masalah ini.
Orang-orang munafik dan ahlul bid'ah mempunyai dua wajah. Satu wajah untuk bertemu kaum Mukminin (Ahlus Sunnah) dan wajah yang lainnya ketika kembali kepada teman-teman mereka.
Mereka juga memiliki dua lisan, yang satu dhahirnya dapat diterima kaum Mukminin dan yang lain menjelaskan rahasia yang tersembunyi di balik itu.
Mereka telah berpaling dari Al Qur'an dan As Sunnah dalam rangka mengolok-olok dan menghina ahlinya.
Mereka tidak mau tunduk kepada keputusan dua wahyu (Al Qur'an dan As Sunnah) karena mereka membanggakan ilmu yang ada pada mereka.
Maka engkau lihat mereka senantiasa mengejek orang-orang yang berpegang teguh dengan wahyu.
Mereka pergi mencari 'perdagangan yang merugi' di samudra kegelapan.
Mereka menunggangi kendaraan syubhat dan keraguan yang membawa mereka menuju gelombang ombak khayalan.
Angin kencang pun mempermainkan kapal-kapal mereka dan akhirnya melemparkan mereka di antara kapal-kapal orang yang binasa.
Cahaya iman telah menyinari mereka sehingga dengan cahaya itu mereka mampu melihat tempat-tempat petunjuk dan kesesatan. Lalu cahaya itu padam, yang ada hanyalah api yang berkobar menyala-nyala.
Mereka pun akhirnya tersiksa dengan kobaran api itu dan terombang-ambing dalam pekatnya kesesatan.

Dan kesimpulan dari penjelasan di atas Allah SubhanahuWata'ala menyatukannya di dalam 13 Ayat di surah Al-baqarah.

13 Ayat Alquran Tentang Orang Munafiq itu adalah:
  1. "Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari Kemudian", padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman." [QS. Al-baqarah:8]
  2. "Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar." (QS. Al-baqarah:9)
  3. "Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta." (QS. Al-baqarah:10)
  4. "Dan bila dikatakan kepada mereka: "Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi". Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."(QS. Al-baqarah:11)
  5. "Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar." (QS. Al-baqarah:12)
  6. "Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman. Mereka menjawab: "Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang bodoh itu telah beriman". Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu." (QS. Al-baqarah:13)
  7. "Dan bila mereka berjumpa dengan orang- orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman". Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka,mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok." (QS. Al-baqarah:14)
  8. "Allah akan (membalas) olokan-olokan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan mereka."(QS. Al-baqarah:15)
  9. "Mereka itulah yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung perniagaannya dan tidaklah mereka mendapat petunjuk." (QS. Al-baqarah:16)
  10. "Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya. Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, mereka tidak dapat melihat." (QS. Al-baqarah:17)
  11. "Mereka tuli, bisu, dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar)." (QS. Al-baqarah:18]
  12. "Atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir, sebab takut akan mati. Dan Allah meliputi orang-orang yang kafir."(QS. Al-baqarah:19)
  13. "Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu." (QS. Al-baqarah:20)


Demikian posting yang bisa saya sampaikan, pada kesempatan kali ini, semoga kita semua tidak termasuk golongan orang-orang munafik. Dan semoga Allah menjauhkan kita dari sifat-sipat orang munafik diatas. Aminn..!!

salam.jpg

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

45 responses to "13 Ayat Alquran Tentang Orang Munafik"

Tumenggung 666™ on 11:17 PM, 28-Apr-12

untung saya g trmasuk golongan di atas

Dezanes on 11:19 PM, 28-Apr-12

nice post teh.

The Utuh on 11:22 PM, 28-Apr-12

Nice post sob, lanjutkan....

Nadinez on 11:29 PM, 28-Apr-12

@Tumenggung 666™_Alhamdulillah..!! Bagus sob mdh''n Allah sll menjagamu sob dari sifat'' munafiq...biggrin biggrin..!! Thx sob atas kunjungannya..!!
@Dezanes_Makasih sob..! Thx ud mampir. biggrin biggrin.!!

Nadinez on 11:30 PM, 28-Apr-12

@The Utuh_ :sip..!! InsyaAllah mdh''n sll di beri kesempatan..!! Thx sob..!!

HAHLADA BLOG on 11:30 PM, 28-Apr-12

Nice post'y neh.. Saya suka bacanya

Yoga Kelana on 11:36 PM, 28-Apr-12

sangat bermanfaat thanks sharenya

JAMPENK™ on 01:46 AM, 29-Apr-12

Ilmu agama nich, kbtlan ane lg haus akan ilmu agama, thanks udah d share.

Ulziarif on 01:49 AM, 29-Apr-12

Kunjungan tengah mlm sob. . .nyimak ja y

Dua Jalan Hidup Abadi on 05:24 AM, 29-Apr-12

Semoga kita tambah pasrah pada ALLAH dan jauh dari karakter orang munafik..
Semoga ALLAH melindungi kita dan meneguhkan kita dalam kalimat tauhid..

Fahru Romadhoni on 05:30 AM, 29-Apr-12

Assalamu'allaikum ...Kunjungan pagi saja ya Aqi...

L A T I F ≡ on 06:22 AM, 29-Apr-12

semoga saja aku tak termasuk pd gol yang di atas

biggrin

kalo ada waktu mampir juga di blog ku ya
.
thanks

Aunul Rafik on 06:33 AM, 29-Apr-12

koment dlu ah baru baca ekwkwk kunbal di tunggu kawan

Dhayatz_drughi on 09:22 AM, 29-Apr-12

Alhamdulillah, nmbh ilmu lagi dah. smile

Dhayatz_drughi on 09:22 AM, 29-Apr-12

Alhamdulillah, nmbh ilmu lagi dah. smile

Cholayz on 09:41 AM, 29-Apr-12

ngopi kang biggrin

Lea on 10:41 AM, 29-Apr-12

lam kenal sob,
subhanalloh,
mudah''n qta smua di jauhkan dari golongan munafik dan di selamatkan dari golongan munafik.
Amin,,,
btw lam kenal ya n di tunggu follback nya ya,,,

Nadinez on 01:16 PM, 29-Apr-12

@All_: adoohh maaf ya sobat-sobatku, telat balas sapa'y..!! Yang pasti Terimakasih buat semua sobat/masta/sista yg koment di atas yg sudah mampir..!! Mdh''n Rahmat & Berkah Allah menyertai sobat semua..Amiin..!! :salam kenal kembali buat sobat baru yg baru pertama berkunjung di saung newbie. InsyaAllah follback + kunbalnya pasti di laksanakan.biggrin.smile..!

Rumah Tips on 02:18 PM, 29-Apr-12

manfaat bgt sob,nice info
Hehe
News Post
http://rumahtips.mywapblog.com/bahaya-gunakan-kaca-mata-hitam-murah.xhtml

Nadinez on 02:28 PM, 29-Apr-12

@Rumah Tips_:sip.smile.. Makasih sob udh mampir insyaAllah pasti kunbal ke tempat sobat..!! :salam kenal sll..!!

BUDAKGOPET™ on 04:07 PM, 29-Apr-12

izin nyimak sekalian follow gan...

Ane tunggu follow n kunbalnya...biggrin

Dhayatz_drughi on 06:29 PM, 29-Apr-12

Folbek sukses kawan

Nadinez on 08:39 PM, 29-Apr-12

BUDAKGOPET™_:monggo gan.biggrin biggrin.!! Thx folllow'y...!! InsyaAllah follback Meluncur ke tkp..!!

Nadinez on 08:40 PM, 29-Apr-12

@Dhayatz_drughi_:sip makasih ya sob...!! :salaman..biggrin smile..!!

Rudy Q Zruh on 09:19 PM, 29-Apr-12

nice artikelnya sob ,jd qta bsa berhti hti spaya tdk trmaksud dlm 13 glngn itu ,moga allah SWT slalu mmbmbng qt ke jalannya

Rudy Q Zruh on 09:20 PM, 29-Apr-12

nice artikelnya sob ,jd qta bsa berhti hti spaya tdk trmaksud dlm 13 glngn itu ,moga allah SWT slalu mmbmbng qt ke jalannya

Anuarz™ on 10:18 PM, 29-Apr-12

Assalamualaikum

Warahmatullahi.

Wabarkatuh.

berkunjung dlu baru koment.biggrin

D.tunggu kunbal n follback.y sob..

JhaY Amowater on 10:52 PM, 29-Apr-12

smga qt g' trmasuk golong orang munafik n smga jg Allah Azza wa Jalla mengokokohkan iman qt n snantiasa melaksanakan perintahNya serta menjauhi segala laranganNya...Aamiin

JhaY Amowater on 11:39 PM, 29-Apr-12

smga qt g' trmasuk golong orang munafik n smga jg Allah Azza wa Jalla mengokokohkan iman qt n snantiasa melaksanakan perintahNya serta menjauhi segala laranganNya...Aamiin

JhaY Amowater on 11:43 PM, 29-Apr-12

smga qt g' trmasuk golong orang munafik n smga jg Allah Azza wa Jalla mengokokohkan iman qt n snantiasa melaksanakan perintahNya serta menjauhi segala laranganNya...Aamiin

тяιзиιđαđ вυđιм▲и on 07:19 AM, 30-Apr-12

alhamdulilah dapat ilmu baru

Zahiera M on 07:59 AM, 30-Apr-12

:subhanallah..!! Ilmu yg Bermanfaat sekali untuk kita. Spy tetap berhati-hati dlm hidup agar jgn sampai termasu golongan orang munafik..! :nice post. smile.!!

Nadinez on 08:09 AM, 30-Apr-12

@Zahiera M,_:sip Makasih ya udh mampir.biggrin.!!

Nadinez on 08:12 AM, 30-Apr-12

@тяιзиιđαđ вυđιм▲и,_ :Hehe..!! Alhamdulillah masta bos. biggrin..! Mdh''n bermanfaat..smile..

Nadinez on 08:21 AM, 30-Apr-12

@Anuarz™,_:wa'alaikumslm sob..! :sip pasti meluncur sob kunbal+follback'y..Thx ya..!!
@Rudy Q Zruh_:Amiinn sob... Mudah''n begitu..biggrin smile..!! Thx ya ud mampir..!!
@JhaY Amowater_:sip Amiinnn..!! Thx ya ud bkunjung..!!
@all_:thx atas kunjungannya semoga sukses menyertai hari'' sobat semua.. Amiiinnn..!!

Shofiullah on 09:27 AM, 30-Apr-12

Kalam Jamil . . smile
Alqur'an Hudan syifa_an warohmatllil'alamin smile kunbalnya sob di upadate terbruq, salam ukhuwah . . .

Nadinez on 05:19 PM, 30-Apr-12

@Shopiullah_:sip betu skl sob..!! Ok segera melincur. biggrin biggrin.!!

Moch.anjas on 05:21 PM, 30-Apr-12

Metd sore sob..
maaf ane baru bisa berkunjung..
ane datang buat kunsil sob..
di mohon bantuannya sob biar blog ane rame lagismile
di tunggu kunsilbacknya sobsmile

New Update:

http://aqua.heck.in/istilah-yang-ada-dalam-musik-3.xhtml

Yang belum blognya/linknya terpampang di blog harap komentar di sini:

http://aqua.heck.in/website-buat-download-bokep-3gp-2.xhtml#comments<-bukan bokep isinya tapi kumpulan link doang sob..

Dhanank on 10:21 PM, 30-Apr-12

kunjungan mlm sob

Dhy Mesenjer on 07:12 AM, 01-May-12

jalan2 pagi didumay nih..smile(y)

Nadinez on 08:34 AM, 01-May-12

@Moch.anjas_:sip sob...!! Makasih kunsilnya ya..!! InsyaAllah pasti kunsil balik.. biggrin biggrin..!!

Nadinez on 08:36 AM, 01-May-12

@Dhanank & @Dhy mesenjer_ :makasih sob udh mampir d saung newbie..!!

Heddy Hidayat™ on 11:31 AM, 01-May-12

kunjungan perdana sobat .
mantep sobat .
lanjutkan biggrin

Fhay on 07:16 PM, 02-May-12

Askum gan... Maaf bgt ya telat n saya jarang berkunjung, coz ada kesibukan. Nice info smile

andika.com on 06:24 PM, 10-May-12

salam knal sobzz,, nyimak2 dulu .. Di tunggu
kunbalnya

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images